Image by Kwartetwo

  • Info Lowongan Kerja - UPDATE

    STATION BEOS

    Stasiun Beos ( Stasiun Kota ) Thn 1957
    KWARTETWO.COM :
    Gedung Stasiun Kota yang terletak di Jl.Pintu Besar Utara merupakan salah satu dari stasiun kereta api tertua di Jakarta yang memiliki peran penting sebagai penghubung Jakarta dengan kota-kota lain di Pulau Jawa. Letaknya sangat strategis di dalam kawasan bisnis perdagangan kota lama Jakarta.
    Bangunan ini didesain pada tahun 1915 untuk menampung kegiatan transportasi dan banyaknya jalur hubungan antara Jakarta dengan kota-kota lain di Pulau Jawa. Jalur kereta api pertama Jakarta-Bogor dibuka pada tahun 1873. Pada tahun-tahun berikutnya, jalur-jalur lain yang menghubungkan pusat kota Jakarta ke Bandung dan Yogyakarta pun segera dibuka.
     
    Bangunan yang diresmikan pada tahun 1929 ini masih berfungsi dengan baik sebagai stasiun sampai saat ini. Gaya Art Deco sangat kuat menghiasi seluruh bangunan ini yang didalamnya terdapat banyak bagian yang masih asli. Bangunan ini mempunyai 3 pintu masuk yang sama nilainya dari segi fungsi dan arsitektur. Letaknya menjadi bagian dari Taman Stasiun Kota yang terletak di pintu masuk bagian barat sehingga dengan sendirinya gedung Stasiun Kota ini sudah menjadi landmark di kawasan sekitarnya.
    Didesain oleh biro arsitek yang terkenal pada masa itu yaitu AIA Bureau, bangunan ini mempunyai struktur atap lengkung dengan konstruksi baja yang sangat indah dan kuat sampai saat ini. F.J.L.Ghijsels, arsitek yang mendesain bangunan ini, juga mendesain jam yang terletak di taman depan gedung ini dengan gaya yang sama.
     
    Nah, mengapa disebut BEOS?
    Kata si meneer:
    Dit was het eindstation van de Bataviasche Oosterspoorweg Maatschappij voor de lijn naar Bekasi en Krawang. In de volksmond heette het Beos, de fonetische uitspraak van de letters B.O.S.
    Yang artinya:
    (Stasiun) ini merupakan perhentian terakhir dari Bataviasche Oosterspoorweg Maatschappij (Perusahaan Kereta Api Timur Batavia/Batavian Easter Railway Company) di jalur Bekasi dan Kerawang. Di kalangan rakyat (stasiun) ini bernama Beos, pelafalan fonetik dari huruf-huruf B.O.S.

    0 komentar:

      © Kwartetwo.com Didirikan Oleh Alan Maulana 2010

    Back to TOP  

    IP