Image by Kwartetwo

  • Info Lowongan Kerja - UPDATE

    Inilah Stasiun Kereta Api Pertama di Indonesia

    KWARTETWO.COM :
    Menyusuri gang sempit di RT 2 RW 3, Kelurahan Kemijen, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang, Jawa Tengah, tidak ubahnya seperti menyusuri perumahan kumuh yang umumnya terdapat di kota-kota besar. Selain minim cahaya, lorong selebar satu meter itu dibentengi deretan tempat tinggal yang berhimpitan.

    Begitu mengamati lebih cermat, terdapat ciri yang cukup unik terhias di rumah-rumah tersebut. Ornamen bangunan kuno berupa tiang penyangga yang disertai besi lengkung, ventilasi berbentuk lingkaran, dan pintu yang melengkung di bagian atasnya.

    Berbagai ornamen bangunan tersebut merupakan peninggalan sejarah dari Stasiun Samarang NIS (Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij). NIS merupakan perusahaan kereta api (KA) konsesi Belanda di Indonesia.

    Ramelan (81), warga RT 2 RW 3 Kemijen yang juga pensiunan pegawai PJKA (nama PT KA dulu) mengakui, bangunan bekas Stasiun Samarang NIS sudah ditinggali warga ketika masa pendudukan Jepang di Indonesia. Tak heran, kawasan RW 3 Kelurahan Kemijen ini juga dinamakan Kampung Spoorlan (jalan kereta api).

    Menurut Ramelan, stasiun Samarang NIS ini dulunya digunakan untuk KA barang dan KA penumpang. Dia mengakui, bangunan stasiun tersebut mirip dengan bangunan gedung Lawang Sewu yang juga merupakan kantor NIS.

    "Stasiun ini sudah tidak difungsikan sejak Jepang masuk ke Indonesia. Makanya kemudian ditinggali oleh para pensiunan pegawai KA," kata lelaki yang sudah tinggal di kawasan ini sejak masa penjajahan Jepang.

    0 komentar:

      © Kwartetwo.com Didirikan Oleh Alan Maulana 2010

    Back to TOP  

    IP