Image by Kwartetwo

  • Info Lowongan Kerja - UPDATE

    Goa Jepang dan Belanda Di Wisata sejarah di Pangandaran

    Image by Kwartetwo :
    Tidak ada matinya, begitulah wisata Indonesia tercipta. Di selatan pulau  Jawa tepatnya di Kabupaten Ciamis, masyarakat Indonesia sudah mengenal dan akrab dengan pantai Pangandaran.

    Ada yang elok sekaligus memberikan kesan sejarah di arelah pantai Pangandaran. Pengunjung selain bisa menikmati keindahan alam juga bisa menambah pengatahuan tentang sejarah  bangsa Indonesia.
    Tidak jauh dari taman Hutan Raya Ir H Juanda dilengkapi jogging track sepanjang 5 Km, terdapat situs sejarah  Goa Jepang, dan Goa Belanda.
    Butuh stamina dan kejelian saat menikmati situs bersejarah ini, pasalnya dua goa yang merupakan peninggalan bangsa penjajah ini memerlukan kejelian, menyusuri goa gelap gulita perlu juga seorang Guide yang menemani dan penunjuk arah.
    Goa Jepang dibangun tahun 1942, dengan tenaga kerja paksa (Romusha). Dinding gua terdiri dari batu karang yang keras tanpa penerangan. Ukuran goa luas dan lebar terdapat beberapa lubang ventilasi seukuran 1 meter didinding goa. Dalam masa pergolakan  goa ini digunakan sebagai tempat persembunyian serta penyimpanan senjata dan amunisi. Warga di pangandaran  mengatakan Goa ini tidak pernah direnovasi, jadi masih nampak keasliannya

    Bagi pengunjung, yang ingin menikmati petualangan Goa Jepang   cukup menyewa senter (Rp 3.000/senter) dan kita juga akan ditemani seorang Guide yang akan sedikit bercerita mengenai sejarah Goa Jepang.

    Goa Belanda
    Lain halnya dengan Goa Belanda yang dibangun tahun 1918, kondisi gua sudah dilapisi semen dan dilengkapi dengan penerangan. Walaupun saat ini penerangan tersebut sudah tidak berfungsi lagi, di dalam goa ditemukan pemancar radio, serta rell untuk kereta barang (roli).
    Goa Belanda sendiri telah mengalami sedikit pemugaran oleh pemerintah daerah setempat Goa ini dahulu digunakan sebagai markas militer, penjara, tempat penyimpanan senjata serta tempat pembangkit listrik tenaga air.
    Sebuah relung gua kecil tak jauh dari gua utama dan terletak sedikit diatasnya, dulunya digunakan sebagai tempat pos

    0 komentar:

      © Kwartetwo.com Didirikan Oleh Alan Maulana 2010

    Back to TOP  

    IP